A. Biaya Tetap
Biaya ini berhubungan dengan kapasitas &
volume,karena pemahaman pemisahan biaya dan karakteristik diperlukan dalam
membuat perencanaan, pengendalian biaya dan pembuatan pengambilan keputusan.
Biaya tetap mempunyai karakteristik
sebagai beriku :
1.
Biaya tetap tidak berubah atau
tidak dpengaruhi oleh periode yang ditentukan.
2. Biaya per unitnya berbanding terbalik
dengan perubahan volume, pada volume rendah fixed cost unitnya tinggi,
sebaliknya pada volume yang tinggi fixed cost per unitnya rendah.
Misalnya : kapasitas angkut sebuah mobil
penumpang seharinya pulang pergi 100 orang/penumpang, dan yang menjadi beban
tetapnya, misalnya, biaya penyusutan per tahun/per bulan dan lainnya.
B. Biaya Variabel
Biaya ini mempunyai pola sebagai berikut
:
1. Total biaya variabel berubah
proporsional dengan perubahan volume/kapasitas, makin besar kapasitas yang
digunakan semakin besar pula total biaya variabel, demikian pula sebaliknys.
2.
Per unit biaya berubah (variabel) konstan/tetap.
Misalnya biaya bahan langsung, contoh biaya bahan langsung , contoh dimuka
biaya pemakaian bahan langsung, bensin, olie yang bergantung kilometer yang
ditempuh.
Contoh
: pemakaian per liter bensin = 25 km, harga per liter Rp 500,
Biaya
per liter
Volume Total
biaya bensin
Premium
Kegiatan (per
liter x volume)
Rp 500 5.000
km
Rp 2.500.000
Rp 500
10.000 km Rp
5.000.000
Rp 500 15.000
km
Rp 7.500.000
C. Perilaku Biaya Dalam Analisis
Ekonomi
Perilaku biaya tersebut
tidak terlepas dari karakteristik pasar yang dalam pembahasan ini terfokus pada
2 jenis pasar saja yaitu pasar persaingan sempurna dan persaingan tak sempurna
.
1.
Pasar Sempurna
Berikut ciri-ciri
persaingan sempurna yaitu :
- Terdapat sejumlah besar para penjual dan para pembeli, sehingga individu-individu tidak dapat mempengaruhi harga barang.
- Produk-produk dari seluruh perusahaan dalam pasar adalah homogen.
- Terdapat mobilitas faktor-faktor yang sepurna.
2.
Persaingan Tidak Sempurna
Didalam persaingan
tidak sempurna termasuk persaingan monopolistis, yaitu jumlah produsen banyak
dengan diferensial produk. Dalam sektor perdagangan eceran seperti makanan dan
obat-obatan , yang sedikit biasa mengendalikan harga
Oligopoli, jumlah
produsen sedikit tanpa diferensial atau sedikit diferensial produk dan sedkit
bisa mengendalikan harga. Tanpa diferensial produk misalnya pada industri baja
dan minyak bumi, dengan diperensiasi produk misalnya sektor industri mobil dan
mesin-mesin.
Dan ketiga adalaha
monopoli, satu produsen dengan produk unik tanpa subsitusi, umumnya perusahaan
jasa umum seperti telepon, gas, listrik dan air minum.
Jadi dalam situasi tak
sempurna ini, harga per unit maupun totalnya tidak linier, dan total cost pun
demikian.
Contoh : misalnya
fungsi total revenue = 100Q – 0,50Q2
Total Cost = 300 + 60 Q + 0,30 Q2
Maka laba (profit) =
TR-TC
Laba = 100Q -0,50Q2
– (300-60Q + 0,30Q2)
= -300 + 40Q
-0,80Q2
Berdasarkan persamaan
diatas, kita mencari niali maksimum (Q) untuk fungsi diatas. Dalil kalkulus adalah bahwa nilai maksimum
atau minimum suatu fungsi dapat ditentukan dengan membuat turunan fungsinya,
menetapkan = 0 dan mencari persamaannya.
D. Perilaku biaya campuran
Biaya yang mengandung
elemen biaya tetap dan biaya variabel yang biasa disebut biaya semi variabel.
Sifat
biaya campuran seperti berikut :
- Totalnya berubah mengikuti perubahan volume tetapi perubahannya tidak proforsional.
- Per unitnya juga berubah, tetapi terbalik dengan perubahan volume, dan tidak sebanding.
Dalam mengadakan
pemisahan biaya campuran ini dipergunakan 2 metode yaitu :
- Analytical approach (Pendekatan Analisis)
- Historical approach (Pendekatan Historis)
1. Pendekatan Analisis
Dari catatan yang ada
dapat diketahui bahwa, ada biaya yang tidak berubah mengikuti volume dan ada
pula biaya yang berubah mengikuti perubahan volume.
2. Pendekatan Historis
Pemisahan biaya
campuran dapat dilakukan dengan 4 cara yaitu :
- Metode titik tertinggi-terendah (high low point method).
- Metode biaya bersiap (stand by cost).
- Metode statistik :
- Metode Regresi sederhana (simple regression).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar