A. Pentingnya Surat Lamaran Kerja
Sebagai awal mencari pekerjaan pada suatu perusahaan yang menyediakan
lowongan kerja kita biasanya dimulai dengan membuat surat lamaran kerja.
Misalnya perusahaan umum, Bank, CPNS, bahkan seorang perawat pun tetap juga
memerlukan sebuah cv lamaran kerja. Memang tidaklah sulit untuk
membuatnya tetapi akan membutuhkan waktu untuk menyusun rangkaian kalimat
sehingga membentuk sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar agar kesan
pertama dari surat lamaran kerja terhadap anda menjadikan peluang untuk
diterima semakin terbuka.
Kesan pertama dari sebuah surat lamaran kerja tentu akan sangat menentukan langkah selanjutnya dari hal melamar kerja anda, bayangkan saja jika surat lamaran yang anda buat tidaklah baik, kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, saya kira pihak HRD perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja anda tanpa membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran.
Berikut Tips Membuat Surat Lamaran Kerja :
Kesan pertama dari sebuah surat lamaran kerja tentu akan sangat menentukan langkah selanjutnya dari hal melamar kerja anda, bayangkan saja jika surat lamaran yang anda buat tidaklah baik, kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, saya kira pihak HRD perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja anda tanpa membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran.
Berikut Tips Membuat Surat Lamaran Kerja :
Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar
1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa
Gaul yang tidak pantas dicantumkan.
2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan
2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan
Menyombongkan diri
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis
Dengan manual menggunakan ballpoint, karena
akan mudah menilai kepribadian seseorang dari
Hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan
agar tidak kotor.
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan
5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda,
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan
5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda,
sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda
B.
Memberikan
Kesan Yang Baik Saat Wawancara Kerja
Kualifikasi
serta pengalaman kerja yang relevan umumnya merupakan beberapa faktor yang
menentukan seorang dapat diterima kerja disuatu perusahaan. Namun sebenarnya
bukan hanya itu saja. Suatu proses pencarian kerja bisa dibilang sukses jika
anda berhasil memberikan kesan yang baik saat wawancara kerja. Percuma saja
jika anda adalah seseorang yang sangat ahli disuatu bidang pekerjaan tertentu
namun anda memberikan suatu kesan yang sangat tidak baik pada saat wawancara
kerja. Segala kualifikasi dan keahlihan yang anda miliki akan hilang begitu
saja karena orang yang mewawancarai anda merasa tidak yakin dengan pembawaan
anda sebagai individu yang nantinya akan bekerja di perusahaan tersebut. Mari
kita simak beberapa hal yang harus anda persiapkan demi memberikan kesan yang
baik saat wawancara kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar